Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2011, 10:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  -Kurs rupiah terhadap dollar AS di pasar spot antarbank Jakarta, Senin pagi terkoreksi tipis sebesar 1 poin menjadi Rp 8.714 dibanding pada posisi sebelumnya Rp 8.712.

Pengamat pasar uang Lana Soelistianingsih di Jakarta, Senin mengatakan, setelah mengalami penguatan signifikan pada nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, saat ini rupiah mengalami posisi jenuh dan bergerak dalam kisaran sempit. "Nilai tukar rupiah masih berada dalam posisi stabil pelemahannya tidak signifikan," katanya.

Ia menambahkan, sentimen di pasar Asia masih cukup positif, termasuk ke pasar Indonesia seiring dengan masih masuknya dana asing ke dalam negeri.

Data Debt Management Office (DMO) menunjukkan pada perdagangan 24 Maret lalu, ada kenaikan dana asing untuk membeli Surat utang Negara (SUN) sebesar Rp 4 triliun, sehingga total kepemilikan asing pada SUN yang diperdagangkan menjadi Rp 208,99 triliun (atau hampir 31 persen dari total SUN).

Posisi itu nyaris menyamai kepemilikan perbankan pada SUN yang mencapai Rp 227,91 triliun (mencapai 33,8 persen dari total SUN). "Di satu sisi kepemilikan asing yang meningkat ini mengindikasikan SUN menjadi alternatif investasi global yang secara tidak langsung juga mengindikasikan fundamental ekonomi Indonesia yang semakin dipercaya," katanya.

Namun, lanjut dia, di sisi lain kepemilikan asing yang meningkat ini juga menimbulkan potensi kerentanan dan risiko arus pembalikan yang cukup berbahaya ketika ada suatu gejolak eksternal yang bisa berdampak terhadap pasar Indonesia.

"Dalam jangka pendek ini investor global belum melakukan perubahan portofolio apakah akan keluar dari pasar Asia ataukah justru menambah portofolionya pada negara non Jepang, sebagai substitusi jangka pendek termasuk ke pasar Indonesia," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com